Sabtu, 22 Maret 2014

Pelaporan Keuangan Dagulir




DOWNLOAD MATERI BERFORMAT PPT

Pelaporan Keuangan Dana Bergulir Metode Net Reliazable Value (NRV),  Pelaporan Keuangan SAK ETAP  dan Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi

Dana Bergulir

Dana Bergulir merupakan dana yang dipinjamkan untuk dikelola dan digulirkan kepada masyarakat oleh Pengguna Anggaran atau Kuasa Pengguna Anggaran yang bertujuan meningkatkan ekonomi rakyat dan tujuan lainnya (penanggulangan kemiskinan, pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi)

Program Dana Bergulir pertama kali diterapkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2000. 

.   

 

Akuntansi dan Pelaporan Dana Bergulir

UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara mengisyaratkan bahwa setiap Pengguna Anggaran (PA) / Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) wajib menyelenggarakan akuntansi dan menyusun laporan keuangan atas transaksi – transaksi keuangannya.

.   

 

Akuntansi dan Pelaporan Dana Bergulir

Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP) No. 6, Akuntansi Investasi, paragraf  16 huruf c menyatakan bahwa dana yang disisihkan pemerintah dalam rangka pelayanan masyarakat, misalnya bantuan modal kerja secara bergulir kepada kelompok masyarakat , dimasukkan dalam kelompok investasi jangka panjang non permanen.   

 

Akuntansi dan Pelaporan Dana Bergulir

Investasi jangka panjang non permanen adalah investasi jangka panjang yang dimaksudkan untuk dimiliki secara tidak berkelanjutan.

Pengertian tidak berkelanjutan adalah kepemilikan investasi yang berjangka  waktu lebih dari 12 (dua belas) bulan, dimaksudkan untuk tidak dimiliki terus menerus atau ada niat untuk memperjualbelikan atau menarik kembali. 

 

Akuntansi dan Pelaporan Dana Bergulir

Akuntansi investasi menyatakan bahwa pengeluaran anggaran untuk perolehan investasi jangka panjang diakui sebagai Pengeluaran Pembiayaan.

Pengeluaran Pembiayaan adalah setiap pengeluaran yang akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran bersangkutan maupun tahun – tahun anggaran berikutnya.

 

Akuntansi dan Pelaporan Dana Bergulir

Konsekuensinya adalah pemerintah harus mengakui pengeluaran untuk dana bergulir sebagai pengeluaran pembiayaan, baik dalam dokumen penganggaran, pelaksanaan anggaran maupun laporan keuangan pemerintah.

Selanjutnya, pemerintah juga harus mencatat adanya perolehan aset berupa Dana Bergulir sebesar perolehan atau pengeluaran pembiayaan yang dilakukan. 

 

Akuntansi dan Pelaporan Dana Bergulir

Adapun Jurnal Pada Laporan Anggaran

Investasi Non Permanen – Dagulir        XXX

Pengeluaran Pembiayaan  (Kas)                        XXX

Adapun  Jurnal Pada Laporan Keuangan

Investasi Non Permanen – Dagulir        XXX

Ekuitas Dana Investasi                XXX

 

Akuntansi Piutang yang Dipersepsikan Sebagai Dana Bergulir 

Saat ini terdapat persepsi yang beragam tentang dana bergulir, semisal alokasi anggaran untuk pengeluaran dana bergulir dimasukkan ke dalam Belanja Bantuan Sosial, Subsidi, Belanja Hibah, dan Belanja Modal Fisik Lainnya.   

 

Akuntansi Piutang yang Dipersepsikan Sebagai Dana Bergulir 

Akibatnya, terdapat kementerian negara/ lembaga/ pemerintah daerah yang salah dalam mendefinisikan dana bergulir sehingga banyak dana yang disalurkan kepada masyarakat menggunakan nomenklatur “DANA BERGULIR”

Secara substansi dana tersebut tidak memenuhi karakteristik dana bergulir.   

 

Akuntansi Piutang yang Dipersepsikan Sebagai Dana Bergulir

Adapun karakteristik dari dana bergulir adalah sebagai berikut:

Dana tersebut merupakan bagian dari keuangan negara/daerah.

Dana tersebut dicantumkan dalam APBN/APBD dan/atau laporan keuangan.

Dana tersebut harus dikuasai, dimiliki dan/atau dikendalikan oleh Pengguna Anggaran/ Kuasa Pengguna Anggaran

Dana tersebut merupakan dana yang disalurkan kepada masyarakat ditagih kembali dari masyarakat dengan atau tanpa nilai tambah, selanjutnya dana disalurkan kembali kepada masyarakat/ kelompok masyarakat demikian seterusnya (bergulir).

Ditujukan untuk perkuatan modal koperasi, UMKM dan usaha lainnya.     

Pemerintah dapat menarik kembali dana bergulir.

 

Akuntansi Piutang yang Dipersepsikan Sebagai Dana Bergulir

Dana tersebut lebih tepat dikategorikan sebagai Piutang Jangka Pendek atau Piutang Jangka Panjang, sesuai dengan jangka waktu jatuh tempo piutang yang bersangkutan.

Alasannya adalah dana yang disalurkan kepada masyarakat harus ditagih dari masyarakat dan secepatnya disetor ke Rekening Kas Umum Negara/ Kas Daerah.

 

Akuntansi Piutang yang Dipersepsikan Sebagai Dana Bergulir

Jika dana tersebut hendak disalurkan kembali kepada masyarakat, satker harus mengalokasikan pengeluaran dana dalam dokumen penganggaran dan dokumen pelaksanaan anggarannya sehingga dana tersebut tidak memenuhi karakterisitik dana bergulir dimana dana bergulir dapat ditagih dan langsung digulirkan kembali kepada masyarakat tanpa perlu menyetor ke Rekening  Kas Negara /Kas Daerah.Kas Umum Negara/ Kas Daerah.  

 

Akuntansi Piutang yang Dipersepsikan Sebagai Dana Bergulir

Dengan kata lain, dana bergulir bukan sebagai piutang tetapi sebagai investasi yang diklasifikasikan sebagai Investasi Jangka Panjang Non Permanen.

Investasi merupakan aset yang dimaksudkan untuk memperoleh manfaat ekonomik seperti bunga, dividen, dan royalti atau manfaat sosial sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemerintah dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

 

Akuntansi Piutang yang Dipersepsikan Sebagai Dana Bergulir

Dana yang disalurkan oleh pemerintah ke masyarakat dalam rangka perkuatan modal atau meningkatkan kemampuan ekonomi dapat dikelompokkan sebagai Piutang.

Persepsi tersebut yang menyebabkan dana bergulir dapat mengarah ke PIUTANG disamping sebagai INVESTASI. 

 

Akuntansi Piutang yang Dipersepsikan Sebagai Dana Bergulir

Piutang tersebut dapat dikelompokkan sebagai aset lancar atau investasi jangka panjang tergantung dari jatuh temponya.

Jika piutang tersebut mempunyai jatuh tempo paling lama 12 bulan, maka piutang tersebut dikelompokkan sebagai aset lancar.

 

Akuntansi Piutang yang Dipersepsikan Sebagai Dana Bergulir

Jika piutang tersebut mempunyai jatuh tempo piutang lebih dari 12 bulan, maka piutang tersebut dikelompokkan sebagai investasi jangka panjang.

Jurnalnya

Piutang Dana                   XXXX

Cadangan Piutang                       XXX

(untuk mencatat perolehan piutang jangka pendek)            

Piutang Dana                               XXXX

Diinvestasikan Dalam IJP                        XXX 

((untuk mencatat perolehan piutang jangka panjang)

 

Penyajian dan Penilaian Dana Bergulir

Dana bergulir disajikan di neraca sebagai investasi Jangka Panjang – Investasi Non Permanen – Dana Bergulir.

Pada saat perolehan dana bergulir, dana bergulir dicatat sebesar harga perolehan dana bergulir.

Sebagai misal, digulirkan dana bergulir ke Koperasi sebesar  Rp 100 Milyar. Dalam pengguliran tersebut terdapat biaya sebesar Rp 100 juta.

Apabila biaya tersebut mengurangi dana bergulir, maka harga perolehan dana bergulir sebesar Rp 99,900 Milyar

 

Penyajian dan Penilaian Dana Bergulir

Tetapi secara periodik, Kementerian Negara/ Lembaga/ Pemerintah Daerah harus melakukan penyesuaian terhadap dana bergulir sehingga nilai dana bergulir yang tercatat di neraca menggambarkan nilai bersih yang dapat direalisasikan (net realizable value).

Sebagai misal dana bergulir yang digulirkan tersebut memberikan pendapatan sebesar Rp 2 Milyar, maka nilai bersih dana bergulir  sebesar Rp 99,900 milyar + Rp 2 Milyar = Rp 101,900 Milyar.

Penyajian dan Penilaian Dana Bergulir

Contoh lainnya: Pemerintah Daerah menginvestasikan dalam bentuk dana bergulir ke masyarakat sebesar Rp 100 miliar. Seiring perguliran  dana tersebut terdapat pendapatan bunga dari dana bergulir sebesar Rp 5 miliar. Harga perolehan pertama kali dana bergulir adalah sebesar Rp 100 miliar, seiring perguliran dana bergulir menjadi Rp 105 miliar.

 

Penyajian dan Penilaian Dana Bergulir

Nilai yang dapat direalisasikan ini dapat diperoleh jika satker pengelola dana bergulir melakukan penatausahaan dana bergulir sesuai dengan jatuh temponya (aging schedule).

Berdasarkan penatausahaan tersebut akan diketahui jumlah dana bergulir yang benar – benar tidak dapat ditagih, dana bergulir yang masuk kategori diragukan dapat ditagih dan dana bergulir yang dapat ditagih.    

 

Penyajian dan Penilaian Dana Bergulir

Penyajian dana bergulir di neraca berdasarkan nilai yang dapat direalisasikan dilaksanakan dengan mengurangkan perkiraan dana bergulir diragukan tertagih dari dana bergulir yang dicatat sebesar harga perolehan ditambah dengan perguliran dana yang berasal dari pendapatan dana bergulir.

Dana bergulir diragukan tertagih merupakan jumlah dana bergulir yang tidak dapat tertagih dan dana bergulir yang diragukan tertagih.

 

Penyajian dan Penilaian Dana Bergulir

Nilai Realisasi Bersih = Nilai Realisasi Dana Bergulir – Dana Bergulir Diragukan Tertagih + Dana Bergulir dari Pendapatan Dana Bergulir. 

Sebagai misal, Nilai realisasi Dagulir sebesar Rp 100 Milyar, Dagulir diragukan tertagih yang berasal dari  Dagulir yang tidak dapat tertagih sebesar Rp 2 Milyar dan dagulir yang diragukan  tertagih sebesar Rp 1 Milyar, pendapatan Dagulir sebesar Rp 5 milyat, maka nilai realisasi bersih adalah:

Nilai Realisasi Bersih = Rp 100 M – Rp 3 M + Rp 5 M = 102 M

 

 

Penyajian dan Penilaian Dana Bergulir

Sebagai contoh: nilai realisasi dana bergulir sebesar Rp 100 miliar, dana bergulir diragukan tertagih sebesar Rp 20 miliar, dan pendapatan bunga dari dana bergulir sebesar Rp 6 miliar, maka nilai realisasi bersih dana bergulir sebesar Rp 86 miliar (100 miliar – 20 miliar + 6 miliar).

Penghapusan Dana Bergulir

Dana bergulir dapat dihapuskan jika dana bergulir tersebut benar – benar sudah tidak tertagih dan penghapusannya mengikuti ketentuan yang berlaku.

Akun lawan dari dana bergulir diragukan tertagih adalah diinvestasikan dalam Investasi Jangka Panjang.

Investasi Jangka Panjang XXX

IJP – Dana Bergulir                      XXXX

 

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Aging schedule adalah analisis umur dana bergulir untuk mengetahui berapa dana bergulir tertagih dan dana bergulir yang kemungkinan tak tertagih serta nilai realisasi bersih.

Terdapat dua metoda akuntansi untuk mencatat dana bergulir yang diperkirakan tidak akan tertagih.

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Metode pertama adalah metode penyisihan (allowance method) yaitu membuat akun beban piutang/dana bergulir tak tertagih di muka sebelum dana bergulir tersebut tersebut dihapus.

Metoda kedua adalah metoda penghapusan langsung (direct write-off method) yaitu mengakui beban bahwa hanya pada saat piutang/dana bergulir dianggap benar-benar tidak dapat ditagih lagi.

 

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Metode pertama umumnya dilakukan pada organisasi bisnis, sedangkan metode kedua dilakukan pada organisasi sektor publik.

Tetapi, tidak tertutup kemungkinan dengan adanya PP 71 Tahun 2011, sektor publik menggunakan metode pertama.

 

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Kebanyakan organisasi menggunakan metoda penyisihan untuk mengestimasi besarnya piutang/ dana bergulir tak tertagih.

Contoh dari piutang sebesar Rp 5.000.000 diestimasi piutang tak tertagih sebesar Rp 50.000.

Beban Piutang Tak Tertagih                   50.000

Penyisihan Piutang Tak tertagih                        50.000

 

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Apabila dana bergulir dari penerima dapat dipastikan tak tertagih sama sekali, maka piutang tersebut dihapuskan dari akun penyisihan.

Penyisihan Dana bergulir Tak Tertagih  50.000

Dana Bergulir                                                      50.000

 

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Dana bergulir yang telah dihapuskan dari akun penyisihan mungkin saja dapat ditagih di kemudian hari.

Dana Bergulir                                           50.000

Penyisihan Dana Bergulir Tak Tertagih  50.000

 

Kas                                                            50.000

Dana Bergulir                                           50.000

 

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Bagaimana jumlah dana bergulir tak tertagih diestimasi?

Estimasi dana bergulir tak tertagih pada akhir periode fiskal didasarkan pada pengalaman entitas dimasa lalu, karakteristik aktivitas entitas dan prediksi aktivitas entitas di masa depan.

 

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Semakin lama peredaran dana bergulir, semakin kecil kemungkinan dana bergulir tersebut akan tertagih.

Estimasi dana bergulir tak tertagih pada seberapa lama dana bergulir tersebut telah beredar dinamakan penentuan umur dana bergulir (aging schedule).

Titik awal dalam menentukan umur dana bergulir adalah tanggal jatuh tempo dana bergulir tersebut.

 

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Apabila jumlah hari telah jatuh tempo untuk setiap akun sudah didapat, maka skedul komposisi umur dana bergulir dapat dibuat.

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Berdasarkan metoda penghapusan langsung, beban dana bergulir tak tertagih tidak dicatat sampai dana bergulir tersebut diputuskan tidak akan tertagih lagi.

Beban Dana Bergulir Tak tertagih                      XXX

Dana Bergulir                                                                   XXX

 

Aging Schedule dan Net Realizable Value

Berdasarkan metoda penghapusan langsung, beban piutang tak tertagih tidak dicatat sampai piutang tersebut diputuskan tidak akan tertagih lagi.

Beban Piutang Tak tertagih                    XXX

Piutang Usaha                                          XXX

Pelaporan Keuangan SAK ETAP  dan Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi

Standar Akuntansi Keuangan – Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK – ETAP)  adalah kebutuhan SAK Khusus untuk Koperasi serta usaha yang tidak melakukan go public.

 Pada intinya, SAK – ETAP adalah Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang disederhanakan. 

 

Pelaporan Keuangan SAK ETAP  dan Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi

Standar Akuntansi Keuangan-Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP):

Mengabaikan yang tidak relevan;

Merupakan pilihan alternatif standar akuntansi yang sederhana;

Penyederhanaan pengakuan dan pengukuran; 

Mengurangi tingkat pengungkapan dan;

Penyederhanaan proses penyusunan.

 

Pelaporan Keuangan SAK ETAP  dan Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi

 Revaluasi, nilai sekarang, dan lain – lain tidak disarankan dipakai pada entitas yang tunduk pada SAK – ETAP.

 Disamping itu, perlu pula diketahui bahwa Karakter SAK-ETAP:

Berdiri sendiri dan tidak mengacu pada SAK Umum;

Menggunakan historical cost;

Hanya mengatur transaksi umum yang terjadi pada ETAP;

Lebih sederhana; dan

Tidak berubah dalam beberapa tahun kedepan

 

Pelaporan Keuangan SAK ETAP  dan Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi

 Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah sudah membuat Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 04/Per/M.KUKM/VII/2012 tentang Pedoman Umum Akuntansi Koperasi.

Peraturan ini mengacu pada SAK ETAP.

 

Pelaporan Keuangan SAK ETAP  dan Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi

  Permenkop dan UKM tersebut mengatur mengenai akuntansi aset, akuntansi kewajiban, Akuntansi Ekuitas, Perhitungan Hasil Usaha, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

 Secara spesifik tidak diatur dalam Permenkop dan UKM ini tetapi mengacu pada SAK ETAP, seperti Penyajian Laporan Keuangan, Neraca, Kebijakan Akuntansi, Estimasi, dan Kesalahan, Investasi pada Efek Tertentu, Persediaan, Properti Investasi, Aset Tetap, Aset Tidak Berwujud, Sewa, Kewajiban Diestimasi dan Kontijensi, Pendapatan, Biaya Pinjaman, Penurunan Nilai Aset, Imbalan Kerja, dan Pajak Penghasilan. 

 

 

Terima Kasih

2 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus